top of page
Search

Rekomendasi Gerakan Workout Yang Dapat Dilakukan Saat Berpuasa



Saat puasa kita tidak selalu berarti harus menghentikan aktivitas fisik sepenuhnya. Dengan memilih gerakan workout yang tepat, anda dapat tetap aktif dan menjaga kesehatan tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, konsumsi vitamin yang tepat juga penting untuk memastikan tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa gerakan workout yang dapat dilakukan saat berpuasa beserta rekomendasi vitamin yang bagus untuk dikonsumsi:


  1. Berjalan Santai

Gerakan ini adalah pilihan tepat untuk menjaga tubuh tetap bergerak tanpa membebani sistem pencernaan. Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot. Pastikan Anda mendapatkan cukup paparan sinar matahari atau dapat mengonsumsi suplemen vitamin D.







2. Senam Statis

Gerakan ini melibatkan peregangan dan pemulihan otot tanpa membutuhkan gerakan intens. Vitamin B kompleks dapat membantu dalam proses metabolisme energi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B kompleks seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.





3. Yoga

Yoga adalah gabungan antara gerakan, pernapasan, dan meditasi yang baik untuk menjaga keseimbangan fisik dan mental. Vitamin C sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, stroberi, dan brokoli.







4. Push-up Dinding

Gerakan ini melatih kekuatan tubuh bagian atas tanpa memberi tekanan berlebih pada perut. Vitamin E adalah antioksidan yang penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji bunga matahari.






5. Squat

Gerakan squat menguatkan otot-otot tubuh bagian bawah. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan kulit. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, ubi jalar, dan paprika.





6. Renang

Renang adalah olahraga yang menyehatkan seluruh tubuh tanpa memberikan tekanan berlebih pada sendi. Magnesium penting untuk kontraksi otot dan fungsi saraf yang sehat. Konsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang almond, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.


7. Cardio Ringan

Cardio ringan seperti berjalan cepat atau bersepeda statis dapat meningkatkan detak jantung tanpa memberi tekanan berlebih pada tubuh. Vitamin B6 penting untuk pembentukan sel darah merah dan metabolisme protein. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B6 seperti pisang, ayam, dan ikan tuna.






Catatan:

  • Lakukan workout dengan intensitas ringan hingga sedang.

  • Perhatikan kondisi tubuh dan hentikan workout jika merasa tidak fit.

  • Konsultasikan dengan dokter jika memiliki kondisi medis tertentu.

Sumber:



10 views0 comments

Komentarze


bottom of page