top of page
Search

Pemanfaatan Kondom Saat Berhubungan Seks




Mungkin dari teman-teman sendiri, sudah tidak asing dengan istilah kondom. Jadi, kondom ialah alat kontrasepsi atau alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan atau penularan penyakit kelamin pada saat berhubungan. Kondom biasanya terbuat dari bahan karet latex dan digunakan pada alat kelamin pria atau wanita pada keadaan ereksi sebelum berhubungan suami istri.

Bisa dibilang juga, bahwa kondom merupakan alat yang paling mudah digunakan dengan minim efek samping. Dikarenakan, tidak seperti alat kontrasepsi lain yang dapat mempengaruhi hormon, kondom tidak demikian efek sampingnya. Sehingga pasangan suami istri pun tidak perlu khawatir denngan program kehamilan yang tidak tercapai karena luput mengonsumsinya (seperti yang terjadi pada alat kontrasepsi pil) atau karena lupa menginjeksikannya (seperti yang terjadi pada alat kontrasepsi (suntik).

Tentunya, kondom memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan bagi para pasangannya. Berikut merupakan manfaat-manfaat kondom bagi kesehatan:


  • Memperpanjang durasi hubungan intim

Perlindungan itu penting, tapi kepuasan pun harus dipertimbangkan. Kondom ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seks pasangannya dengan memperpanjang hubungan durasi intimnya tersebut.

Hal ini disebabkan karena kondom memiliki beragam varian, bentuk, dan tekstur yang bervariasi yang dimana dapat meningkatkan sensasi seks pasangan tersebut. Meminta pasangan untuk memasangkan kondom pada alat kelaminnya pun bisa menjadi bentukan dari foreplay.

Manfaat kondom pun dapat menambah fokus untuk kesenangan dan kepuasan berhubungan intim dengan pasangan, tanpa khawatir tentang kehamilan atau penyakit menular seksual (PMS)



  • Mencegah kehamilan yang tidak diinginkan

Jika dipasangan dengan baik dan benar, maka penggunaan dari kondom dapat mengurangi resiko kehamilan mencapai 98%. Dengan memiliki arti lain, bahwa hanya 2 dari 100 orang yang mungkin hamil setelah berhubungan intim menggunakan kondom. Dan jika penggunaan kondom tidak dilakukan dengan baik dan benar, maka resiko kehamilannya dapat turun menjadi 85%.

Kondom pun dapat membantu KB lainnya untuk bekerja lebih efektif. Sebab, tidak ada metode yang 100% efektif untuk mencegah kehamilan.


  • Mencegah penularan HIV

Virus HIV mudah menyebar melalui hubungan intim tanpa kondom, karena penularannya melalui kelamin. Jadi, menggunakan kondom dapat mencegah penyebaran atau terinfeksi dari virus ini.


  • Higienis

Menggunakan kondom pun memiliki manfaat lainnya yaitu higienis. Dikarenakan lebih sehat, kondom pun membuat hubungan intim menjadi lebih aman dan lebih bersih. Di lain hal itu, menggunakan kondom berarti mencegah penularan penyakit seksual seperti herpes, sifilis dan lainnya.



  • Mencegah ereksi

Ini adalah manfaat kondom lainnya yang perlu diketahui, terutama bagi yang mengalami kesulitan mempertahankan ereksi, penggunaan kondom pun bisa membantu dalam mengalami kesulitan mempertahankan ereksi. Dan kondom pun bisa membantu dalam ketahanan ereksi menjadi lebih lama.


17 views0 comments
bottom of page