top of page
Search

Obat Yang Perlu Dipersiapkan Pada Saat Musim Hujan


Biasanya, jika sudah memasuki Bulan September maka musim hujan telah tiba. Selain ancaman banjir, di musim hujan ini tubuh pun akan rentan yang dimana akan terserang oleh beragam penyakit. Hal ini disebabkan karena perubahan cuaca panas menjadi dingin.


Apa saja yang harus disiapkan ketika musim hujan sudah tiba agar daya tahan tubuh kita kuat? Berikut beberapa informasi dan obat-obatan yang perlu disiapkan dimana pun pada saat musim hujan ini.


  • Multivitamin

Multivitamin ialah salah satu dari berbagai jenis suplemen yang biasanya banyak dikonsumsi. Multivitamin bisa juga untuk menopang sistem imun tubuh kita, dikarenakan ragam kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Selain untuk menopang sistem imun tubuh kita, multivitamin dipercaya juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh, mencegah terjadinya penyakit, dan juga mengimbangi pola makan yang kurang sehat.


Saat sistem imun tubuh kita kuat, maka tubuh tidak cukup mudah untuk terserang penyakit, meskipun terserang biasanya pemulihan akan lebih cepat dibanding biasanya. Jika perlu, kita harus mengonsumsi suplemen multivitamin agar daya imun tubuh kita menjadi lebih kuat dan jangan lupa dengan dosis yang sudah ditentukan.




  • Obat Demam

Demam ialah meningkat suhu tubuh hingga lebih dari 38c. Dengan kata lain demam itu sebuah infeksi seperti bakteri, virus, dan juga jamur. Biasanya orang-orang mudah terserang penyakit demam di saat musim hujan.


Maka dari itu, persiapkanlah obat demam di rumah selama musim hujan serta disesuaikan dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Jadi, berikan pertolongan pertama dengan mengonsumsi obat demam. Apabila belum sembuh, segeralah ke dokter untuk ditangani.






  • Obat Pilek

Pilek ialah kondisi ketika hidung mengeluarkan lendir atau ingus, baik sesekali maupun berkali-kali. Pilek sering terjadi ketika musim hujan dikarenakan cuaca yang dingin dan biasanya pilek disebabkan oleh infeksi virus.


Oleh karena itu, pengobatan pilek biasanya fokus pada gejala-gejala yang timbul. Maka dari itu sangat cocok apabila sedang pilek mengonsumsi Vicks Vaporub.




  • Obat Diare

Musim hujan membuat bakteri dan kuman mudah mengontaminasi pada makanan maupun minuman, kontaminasi tersebut pun menyebabkan diare. Tak lepas juga bencana banjir pun rawan terkena diare.


Diare ialah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair. Biasanya, diare disebabkan oleh virus, makanan yang terkontaminasi.



Tetapi, tidak semua jenis diare dapat diatasi dengan obat-obatan di atas. Apabila masih menderita diare, segeralah ke dokter untuk ditangani.



  • Obat Sakit Tenggorokan

Tak bisa dipungkiri, bahwa musim hujan pun bisa mengakibatkan sakit tenggorokan dikarenakan melemahnya daya imun tubuh orang-orang. Sakit tenggorokan ialah rasa nyeri, gatal, tidak nyaman, atau kering yang terjadi pada tenggorokan.


Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit, beberapa contohnya seperti berbicara terlalu keras, makan makanan yang panas, mulut yang sering kering, dan bahkan tidur dengan mulut yang terbuka.


Sakit tenggorokan pun bisa diatasi dengan mengonsumsi degirol, tetapi dengan dosis yang sudah ditentukan. Apabila tetap tidak bisa diatasi, maka segeralah ke dokter untuk ditangani.




24 views0 comments
bottom of page