Search

Mengapa aku sering mengantuk? Ini 5 Alasannya!




1. Tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sayangnya, banyak dari kita tidak mendapatkan cukup, yang dapat menyebabkan kelelahan.

Selama tidur, tubuh Anda melakukan sejumlah proses penting, termasuk melepaskan hormon pertumbuhan penting dan memperbaiki serta meregenerasi sel. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang bangun dengan perasaan segar, waspada, dan berenergi setelah tidur malam berkualitas tinggi

Meskipun waktu tidur harus individual, American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan setidaknya 7 jam tidur per malam untuk kesehatan yang optimal.


2. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi dapat membuat Anda merasa lelah setiap hari, bahkan jika Anda tidur lebih dari 7 jam. Beberapa nutrisi tersebut adalah Iro, riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B6), folat (vitamin B9), vitamin B12, vitamin D, vitamin C, magnesium.

B12 sangat penting untuk pengiriman oksigen dan produksi energi, sehingga tingkat yang rendah dapat menyebabkan kelelahan yang ekstrem. Selain itu, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan. Lebih dari setengah populasi dunia memiliki tingkat vitamin D yang tidak memadai. Karena kekurangan ini cukup umum, penting untuk menguji level Anda jika Anda mengalami kelelahan yang tidak dapat dijelaskan.

Biasanya, kelelahan yang terkait dengan kekurangan satu atau lebih nutrisi membaik setelah tingkat nutrisi Anda menjadi normal.


3. Stres

Meskipun beberapa stres normal, stres kronis terkait dengan kelelahan. Faktanya, stres kronis dapat menyebabkan gangguan kelelahan terkait stres (DE), suatu kondisi medis yang ditandai dengan gejala kelelahan psikologis dan fisik.


Meskipun Anda mungkin tidak dapat menghindari situasi stres, terutama yang terkait dengan pekerjaan atau kewajiban keluarga, mengelola stres Anda dapat membantu mencegah kelelahan total. Misalnya, Anda bisa menyisihkan waktu untuk dekompresi dengan mandi, meditasi, atau jalan-jalan


4. Kondisi medis tertentu

Jika Anda mengalami kelelahan kronis yang tidak dapat dijelaskan, Anda harus mengunjungi dokter dan mendiskusikan gejala Anda.


Mereka mungkin merekomendasikan pengujian untuk menyingkirkan kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan kelelahan, seperti sleep apnea, hipotiroidisme, kanker, sindrom kelelahan kronis, multiple sclerosis, gangguan kecemasan, penyakit ginjal, depresi, diabetes, dan fibromyalgia.


5. Ketidakseimbangan diet

Diet Anda secara signifikan memengaruhi perasaan Anda. Untuk mempertahankan energi dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melakukan proses kritis, penting untuk mengonsumsi makanan seimbang yang kaya nutrisi.


Kurang makan - atau makan makanan ultra-olahan rendah nutrisi penting - dapat menyebabkan kekurangan kalori dan nutrisi, yang dapat menyebabkan kelelahan.

Ketika Anda tidak mendapatkan cukup kalori dan nutrisi seperti protein, tubuh Anda mulai memecah lemak dan otot untuk memenuhi kebutuhan energi. Hal ini menyebabkan hilangnya lemak tubuh dan massa otot, yang dapat memicu kelelahan




6 views0 comments