top of page
Search

9 Tips Jaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan



Musim hujan seringkali jadi masa yang membuat orang rentan terkena sakit. Cuaca dingin dan basah membuat rentan terjadi penyebaran penyakit seperti flu, demam, diare dan lainnya. Untuk itu menjaga kesehatan adalah hal yang penting dilakukan tiap orang. Berikut tips untuk menjaga kesehatan di saat musim hujan.

1. Penuhi Kebutuhan Makanan Bernutrisi

Makanan jadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk menjaga tubuh tetap kuat dan sehat. Menjaga pola makan dan memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh akan membantu tubuh untuk tetap sehat. Penuhi kebutuhan mikronutrien yang di antaranya adalah vitamin A, asam folat atau vitamin B9, B6, C, dan E. Nutrisi dan vitamin inilah yang membantu menjaga daya tahan tubuh.


2. Minum Air Hangat

Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang banyak. Dan akan lebih baik jika membiasakan minum air hangat , terutama setelah berada di luar dalam cuaca hujan. Air hangat akan membantu tubuh mengatasi rasa dingin.


3. Biasakan Rajin Cuci Tangan

Musim hujan memungkinkan bakteri dan virus lebih tak terkendali, untuk menjaga kesehatan biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun. Lakukan kebiasaan ini setelah datang dari bepergian, sebelum makan atau setelah dari toilet.


4. Berolahraga

Musim hujan yang biasanya gloomy seringkali membuat orang merasa tertekan. Berolahraga akan membantu lebih rileks dan mengurangi perasaan stress. Dengan cara ini juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.


5. Cukupi Kebutuhan Tidur

Mencukupi kebutuhan tidur merupakan salah satu bagian penting dalam menjaga imunitas. Penelitian menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari lebih rentan terjangkit penyakit. Selain itu cukup tidur juga dapat mencegah stress.


6. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Menjaga suhu tubuh tetap hangat penting di saat musim hujan. Musim hujan dan rasa dingin bisa juga menyebabkan hipotermia, dimana suhu tubuh menurn drastis akibat cuaca dingin. Untuk itu hindari menggunakan AC saat musim hujan, kenakan pakaian hangat dan minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh.


7. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C merupakan suplemen yang memiliki manfaat dalam menjaga daya tahan tubuh. Kekebalan tubuh terbentuk dengan cara rajin mengkonsumsi vitamin C, kemampuan suplemen ini membuat kulit kuat dan melindungi dari efek cuaca dingin akibat hujan. Selain bisa didapat dari buah dan sayur, bagi yang ingin praktis bisa juga mengkonsumsi vitamin C tablet.


8. Hindari Jajan Sembarangan

Menjaga konsumsi makanan bersih adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat di musim hujan. Hindari jajan di luar, terutama makanan yang dijajanan di jalan. Jika memang mengharuskan makan di luar, pastikan memilih tempat yang terjaga kebersihannya.


9. Konsumsi Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Untuk menjaga agar tubuh tetap fit akan lebih baik mengkonsumsi suplemen tambahan, terutama bagi yang memiliki mobilitas tinggi. Saat ini ada banyak multivitamin yang bisa dibeli dengan mudah secara online. Untuk pembelian yang aman, pilih apotik yang terpercaya seperti IndoSehat Global. Pertimbangkan juga memilih multivitamin yang sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan.


Penutup

9 tips menjaga kesehatan untuk musim hujan di atas akan sangat bagus jika diterapkan. Menjaga tubuh tetap sehat sangatlah penting, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Lakukan usaha maksimal untuk menjaga diri sendiri agar terus tetap sehat.


Yuk order di IndoSehat Global sekarang dan dapatkan harga


termurah dan terjamin original di IndoSehat Global



13 views0 comments
bottom of page